LEMBAR REFLEKSI SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN LEMBAR REFLEKSI SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
NIM : 822777716
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : JEMBER A.
A. Refleksi Komponen
- Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik? Ya! Mempersiapkan siswa secara psikis dan fisik sebelum mengikuti pelajaran merupakan langkah awal yang baik.
- Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi / bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan ? ( Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ? ) Siswa menanggapi materi dengan baik, karena materi yang disampaikan sesuai dengan kemampuan siswa.
- Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang di gunakan ? ( Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi / materi yang di ajarkan ? ) Siswa merasa senang dan cepat mengisi materi dengan bantuan alat peraga atau media.
- Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang? Siswa sangat menikmati.
- Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode / teknik pembelajaran yang saya gunakan? Sebagian besar siswa senang dengan teknik pembelajaran yang saya gunakan.
- Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas ( perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa yang saya lakukan? Siswa merasa senang dengan adanya pengelolaan kelas dan ia merasa termotivasi.
- Apakah siswa dapat menangkap penjelasan / instruksi yang saya berikan dengan baik? Ya, mereka dapat menyimak dengan maksimal.
- Bagaimana tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan? Mereka merasa dihargai atas latihan – latihan yang mereka kerjakan.
- Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan ? Secara keseluruhan belum, untuk itu perlu diadakan remidi.
- Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik? Sudah, karena semua telah saya atur dealam RPP.
- Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya sampaikan? Kegiatan penutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang saya sampaikan.
- Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagai mana mestinya? ( Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik?) Secara keseluruhan belum, untuk ke depan harus dipersiapkan dengan baik.
- Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar? Kendala saya biasa nya pada media ( media kurang ) sehingga siswa agak susah menerima materi.
- Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan ? Untuk memperbaikinya dengan meragakan media yang diperlukan.
- Apakah kekuatan saya atau hal –hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran? Pengusaan materi, metode dan komunikasi ( bahasa yang baik ).
- Apakah penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajara? Mereka dapat mencapai dasaran dan tujuan sesuai yang diharapkan, meskipun mereka secara keseluruhan belum antusias.
- Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat di pertahankan bahkan di tingkatkan? Seharusnya saya mempertahankan apa yang telah saya capai, bahkan ke depan dapat ditingkatkan.
- Hal – hal unik ( positif atau negative ) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan? Penerimaan atau daya tangkap siswa berbeda ini salah satu keunikan di kelas.
- Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambil keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral?
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking