BELAJAR BERBAGI

Woensdag 01 Mei 2013

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1) PEMBELAJARAN TERPADU PGSD UT



ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
PDKG 4209
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN

1.      NAMA MAHASISWA                         :
2.      NIM                                                       :
3.      TEMPAT MENGAJAR                        :
4.      KELAS                                                  :
5.      MATA PELAJARAN/TEMA               :
6.      WAKTU                                                : 2 x 35 Menit
7.      TANGGAL                                            :

PETUNJUK

            Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.


1.     
   1            2            3          4            5
 










 
Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan pembelajaran
1.1            menggunakan bahan pembelajaran yang                                sesuai dengan kurikulum (GBPP)












 
 
1.2            mengembangkan jaringan tema dan menentukan tema (khusus untuk   pembelajaran tematik)









 
 
        Rata-rata butir 1 = A
 

2.     










 
Mengembangkan dan mengorganisasi materi, menentukan tema, menentukan media (alat bantu pembelajaran) san sumber belajar
2.1            mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran












 
 
2.2            mengembangkan jaringan tema dan menetukan tema (khusus pembelajaran tematik












 
 
2.3            menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran yang relevan dengan tema












 
 
2.4            melilih sumber belajar


 
                                                                                                                Rata-rata butir 2 = B

3.     









 
Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
3.1            menentukan jenis kegiatan pembelajaran/kesesuaiannya dengan tema











 
 
3.2            menyusun langkah-langkah pembelajaran/kesesuaian dengan tema











 
 
3.3            menentukan alokasi waktu pembelajaran











 
 
3.4            menentukan cara-cara memotivasi siswa











 
 
3.5            mempersiapkan pertanyaan
4,2
 
    Rata-rata butir 3 = C

    
4.     









 
merancang pengelolaan kelas
4.1           









 
menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
4.2            menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran






4
 
 
       Rata-rata butir 4 = D

5.     









 
menrencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian prtumbuhan dan perkembangan anak selama mengikuti PBM
5.1            menentukan prosedur penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian dilakukan secara berkala,











 
 
5.2            berkesinambungan dan menyeluruh
membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban










4
 
 
        Rata-rata butir 5 = E

6.     









 
tampilan dokumen rencana pembelajaran
6.1            kebersihan dan kerapian











 
 
6.2            penggunaan bahasa tulis
             
4
 
           Rata-rata butir 6 = F

Nilai APKG 1 = R
R = ( A+B+C+D+E+F ) : 6 = 4,0

                                                                              Genteng, 12 April 2012


Pembimbing / Penguji





……………………………………………
NIP.
                    Teman Sejawat





………………………………………………
NIP.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking